Penerapan Media Torso Gigi Dapat Meningkatkan Kemampuan Merawat Gigi Dan Mulut Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di RA Aljabar Kota Batam

Authors

  • Maya Inayati Sari STAI Ibnu Sina Batam
  • Efrida Damayanti STAI Ibnu Sina Batam
  • Yuli Fatimah Warosari Yuli STAI Ibnu Sina Batam
  • Tita Tasniawati STAI Ibnu Sina Batam
  • Mery STAI Ibnu Sina Batam

Keywords:

Media Torso Model Gigi, Merawat Kesehatan Gigi Dan Mulut

Abstract

Masih rendahnya kemampuan peserta didik di RA Aljabar Kota Batam dalam merawat kesehatan gigi dan mulut merupakan latar belakang dari penelitian ini. Terdapat peserta didik yang mengalami sakit gigi seperti gigi berlubang (karies) dan penyakit mulut seperti bau mulut (halitosis) dan sariawan (Candidiasis). Peserta didik belum memahami dengan baik cara merawat gigi dan tidak memeriksakan gigi secara rutin karena takut pergi ke dokter gigi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media torso model gigi dalam meningkatkan kemampuan merawat gigi dan mulut anak usia dini pada kelompok B di RA Aljabar Kota Batam. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian peserta didik kelompok B berjumlah 20 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Analisis data diperoleh melalui hasil tes, observasi, wawancara, diskusi antar guru dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menggosok gigi/merawat kesehatan gigi dan mulut melalui penerapan media Torso Gigi pada anak usia dini pada kelompok B di RA Aljabar Kota Batam. Pada penelitian siklus I akhir menunjukan bahwa terdapat peningkatan pada anak yang optimal yaitu 30% dalam kategori B (Baik) dan pada siklus II akhir terdapat peningkatan yang sangat baik yaitu 70% dalam kategori B. Penerapan media yaitu salah satu media torso model gigi menjadi sebuah hal yang sangat menarik bagi peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga dapat mengembangkan dan mengoptimalkan peserta didik dalam merawat gigi dan mulut dengan kemampuan menggosok gigi dengan baik dan benar.

References

Al-Qur’an dan Terjemahan, Departemen Agama R.I., Jakarta: A-Huda, 2005

Afi Parnawi, (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam, (Solo: Insan Kamil, 2012).

Adil al-Ghiryani, Hikmah Lukman Al-Hakim, (Jakarta Selatan: Khazanah Pustaka Islam, Cet-I, 2015).

Adnan Hasan, Tanggung jawab Ayah Terhadap Anak Laki-laki, (Jakarta: Gema Insani Pres, 1996).

Arikunto, S., (2008). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek, Jakarta: Bhineka Cipta.

Avlien dan Dian K, Komik Gigiku Kuat, Mulutku Sehat, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2019

Damanik. (2015). Faktor yang mempengaruhi Kesehatan Gigi dan Mulut. Dalam Jurnal Ilmu Kesehatan . [Online].

Dsudarsana, N. (1991). Pendidikan Kesehatan Masyarakat. Bandung: FKG Unpad

Dwi Retna Damayanti, Program Pendidikan Untuk Anak Usia Dini di Prasekolah Islam, PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta2005

Herijulianti, E., dkk (2002). Pendidikan Kesehatan Gigi. Jakarata: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Khadijah dan Nurul Amelia, Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2020

Muhammad Juni, dkk, Lentera Ramadhan STAI Ibnu Sina, Bantul: Intan Utama, 2021

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar: 2005

Permenkes RI No. 1173 Tahun 2004

Said Mursi Mahmud Al-Khal’awi, Mendidik Anak dengan Cerdas, Insan Kamil; Solo, 2007

Stoll, F. A., & Catherman, J.L, (1972)., Dental Health Education. 4rd ed. Philadelphia: Lea & Febiger

Suharsimi Arikunto, Diklat Metodelogi Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Badung: Alfabeta, 2013

Syamsu Yusuf, Psikologi Perkembangan Anak & Remaja, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Downloads

Published

2023-12-30