Konsep Universitas Islam Hamid Hasan Bilgrami & Syed Ali Asyraf Sebuah Pengembangan Pendidikan Islam
Keywords:
Konsep, Universitas Islam, Pengembangan, Pendidikan IslamAbstract
Sejarah Islamisasi pendidikan Islam, termasuk di dalamnya universitas, dimulai semenjak Nabi Muhammad Saw. menetap di Madinah. Kala itu, beliau memerintahkan anak-anak untuk belajar baca-tulis di masjid-masjid. Setelah Islam berkembang, tempat belajar pindah ke kuttab yang dibangun di sebelah masjid. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research dengan menggunakan metode pengumpulan data study kepustakaan dalam menggali serta menganalisis pemikiran Bilgrami dan Asyraf yang meliputi sumber primer dan sekunder untuk kemudian disimpulkan. Pendekatan yang digunakan yakni historis dan filosofis. Sementara analisis data menggunakan metode Content Analysis dengan implikasi. Hasil penelitian, pertama, berbicara konsep universitas Islam tentunya tidak terlepas dari sejarah pendidikan Islam masa Nabi Muhammad Saw. Kedua, menurut Bilgrami & Ashraf konsep ilmu dalam Islam harus didasarkan pada prinsip tauhid sebagai landasan spiritual tertinggi mencakup tiga aspek yakni, etik, historis, dan observasi. Ketiga, Bilgrami dan Asyraf menekankan konsep universitas Islam dibangun berdasarkan syarat berikut; a) Luas dan terpadu, b) Konsep ilmu yang sesuai, c) Tenaga Staf yang handal, d) Seleksi mahasiswa tampa dibatasi, e) Organisator yang handal, f) Islamisasi Ilmu, g) al-Quran dan Sunnah sebagai kurikulum, h) Lembaga penunjang, dan i) Pendidikan keguruan yang mengembangkan metodologi pengajaran
References
Abdul Halim, Miswanto. 2023. “Perencanaan Strategis Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Qur’an Centre Kota Batam Kepulauan Riau.” Didaktika: Jurnal Kependidikan vol 12(3): 203–14.
Ahmad Mustafa. 2020. Sejarah Pendidikan Islam Modern: Antara Tradisionalisme Dan Modernisasi. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad, Mustafa. Sejarah Pendidikan Islam Modern: Antara Tradisionalisme Dan Modernisasi.
Almisri, Moh Mujib Zunun. 2008. “Rekonstruksi Konsep Universitas Islam; Membangun Kembali Peradaban Muslim: Islamisasi Ilmu Pengetahuan Atau Westernisasi.” Jurnal Pendidikan: 2.
Andri Nurcahyono, Novi. 2023. “Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran.” Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika 1(1): 19–29.
Ashraf, Bilgrami. 1985. The Concept of an Islamic University. Cambridge: Hodder and Stoughton, The Islamic Academy.
Ashraf, Syed Ali, and Ashraf. 1985. The Concept of an Islamic University. Cambridge: Hodder and Stoughton, The Islamic Academy.
Daud, Wan Mohd Nor Wan. 1989. The Concept of Knowledge in Islam and Its Implications for Education in a Developing Country. London.
Daulay, Aidil Ridwan, and Salminawati. 2022. Integrasi Ilmu Agama Dan Sains Terhadap Pendidikan Islam Di Era Modern.
Daulay, Haidar Putra. 2004. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Departemen Agama RI. 2004. Al-Quran Dan Terjemahnya. Surabaya: Mekar.
Halim, A, and Miswanto Amril, M. 2022. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pusaran Problematika Kelompok Reformis/Modernis Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran.” Arriyadhah 19(1): 21–31. http://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/view/127%0Ahttp://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/download/127/90.
Hamid Hasan Bilgrami dan Sayid Ali Asyraf. 1989. Konsep Universitas Islam Terj. Machnun Husein. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Hasanah, Maulida, Irma Aryani, Rini Susiani, Sri Ramha Yanda. 2022. “Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Ibnu Khaldun.” Azkia: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam 19(2): 80–93.
Ibrahim Anis. Al-Qur’an Al-‘Arabiyah Li Al-Nashi’In. Beirut: Dar al-Maktabah.
Khoirunisa, K, and Muqowim Muqowim. 2022. Integrasi Pendidikan Akhlak Dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Salamah Kota Jambi.
Komarudin. 2022. “Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun.” PANDAWA?: Jurnal Pndidikan dan Dakwah 4(1): 23–41. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1419.
Kosasih, Aceng, Tedi Supriyadi, Mokh Iman Firmansyah, and Nan Rahminawati. 2022. “Higher-Order Thinking Skills in Primary School: Teachers’ Perceptions of Islamic Education.” Journal of Ethnic and Cultural Studies 9(1): 56–76.
Moh. Mujib Zunun Almisri. 2008. “Rekonstruksi Konsep Universitas Islam; Membangun Kembali Peradaban Muslim: Islamisasi Ilmu Pengetahuan Atau Westernisasi.” Jurnal Pendidikan: 2.
Muslih. “Menggagas Universitas Islam Ideal.” : 185.
Najib, Aan. 2015. “Pembaharuan Pendidikan Islam; Konsep Pendidikan Tinggi Islam Menurut Pemikiran Fazlur Rahman, Nadwa.” Jurnal Pendidikan Islam 9(2): 117.
Nassef, Abdullah Omar, and Ashraf. 1985. The Concept of an Islamic University.
Rifai, Agus, Konsep Universitas Islam Islamisasi Ilmu Pengetahuan, and Resensi Buku Syed Ali Ashraf. 1989. Konsep Universitas Islam Dan Islamisasi Ilmu Pengetahuan, Resensi Buku Dari Hamid Hasan Bilgrami Dan Syed Ali Ashraf. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Safrial, Ridho. 2021. Hibridisasi Pendidikan Islam Dan Neurosains: Implementasi Paradigma Integrasi Keilmuan Dalam Pendidikan Islam.
Sardar, Zianuddin. 1989. Wajah-Wajah Islam: Suatu Perbincangan Tentang Isu-Isu Kontemporer. Bandung: Mizan.
Sayid Ali Asyraf, Hamid Hasan Bilgrami, Konsep Universitas Islam, and terj. Machnun Husein. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Syed Sajjad Husain dan Syed Ali Ashraf. 1978. Crisis in Muslim Education. Jeddah: King Abdulazis University, London: Hodder & Stoughton.
Wahib, A. 2022. Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Intelectual, Emotional and Spiritual Quotient Dalam Bingkai Pendidikan Islam.
Wahsun. 2023. “Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hard Skills Dan Soft Skill Siswa.” Pendidikan dan Konseling 5(1): 503–7.
Zakariyah, Zakariyah, Muhamad Arif, and Nurotul Faidah. 2022. “Analisis Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Abad 21.” At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 14(1): 1–13.