Pendidikan Inklusif dalam Islam Untuk Membangun Kesetaraan dan Keadilan

Authors

  • Afi Parnawi STAI Ibnu Sina Batam
  • Malika Syahrani STAI Ibnu Sina Batam

Keywords:

Pendidikan Inklusif, Kesetaraan, Keadilan dan Kebutuhan Pendidikan Khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui pendidikan inklusif mencerminkan nilai-nilai kesetaraan dan keadilan yang mendasari ajaran Islam. Dalam Islam, setiap individu memiliki nilai yang sama di hadapan Allah dan hak-hak yang tidak dapat diserahkan. Oleh karena itu, pendidikan inklusif dalam konteks Islam mencakup memperhatikan kebutuhan dan keberagaman setiap siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan pendidikan khusus. Penelitian ini menggunakan  pendekatan literatur atau review jurnal untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan mensintesis temuan-temuan penelitian  sebelumnya yang berkaitan dengan pendidikan inklusif dalam islam untuk membangun kesetaraan dan keadilan. Hasil tinjauan literatur didapatkan bahwa konsep pendidikan inklusif dalam Islam menyoroti prinsip-prinsip Islam yang mendukung inklusivitas dalam pendidikan. Selain itu, penelitian ini mengeksplorasi praktik pendidikan inklusif yang terinspirasi oleh ajaran Islam, serta tantangan dan peluang dalam menerapkan pendekatan inklusif dalam konteks pendidikan Islam

References

Budaya, D. K. (2024). 14072-39141-1-Pb. 8(2008), 11–22.

Dan Sri Suharti, N. K. (2016). Pendidikan Islam Berbasis Inklusif Dalam Kehidupan Multikultur. Jurnal Penelitian, 10(1), 201–232. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.868

Ediyanto, E., Sunandar, A., Hastuti, W. D., & Ramadhani, R. S. (2021). Landasan dan Konsep Pendidikan Inklusi: Program Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusi. In Yayasan Pusat Pendidikan Angstrom (Vol. 1, Nomor 1 SE-Educational Book).

Hermawan, M. A. (2015). Islam Inklusif Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Slta. Jurnal Penelitian Agama, 16(2), 180–198. https://doi.org/10.24090/jpa.v16i2.2015.pp180-198

Ineu Herawati, N. (2005). Pendidikan Inklusif. In EduHumaiora?: Jurnal Pendidikan Dasar.

Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi MenJauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1).

Mansur, H., Utama, A. H., Mohd Yasin, M. H., Sari, N. P., Jamaludin, K. A., & Pinandhita, F. (2023). Development of Inclusive Education Learning Design in the Era of Society 5.0. Social Sciences, 12(1). https://doi.org/10.3390/socsci12010035

Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 143. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3152

Downloads

Published

2024-06-28