Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Siswa Kelas XI di Ma Nahdlatul Wathan Tanjung Riau Kota Batam

Authors

  • Sumianti Sumianti STAI Ibnu Sina Batam
  • Nasrullah Iskandar STAI Ibnu Sina Batam

Keywords:

CTL Strategy, Teacher, Student Character

Abstract

This research is entitled contextual teaching and learning (CTL) learning strategies for islamic religious education teachers of class XI student at Nahdatul Wathan High School, Tanjung Riau, Batam City. The aim of this research is to find out how the CTL starategy of Islamic religious education teachers builds the characters of class XI student at MA Nahdatul Wathan Tanjung Riau Batam city. This study used qualitative research methods.  Data collection techniques are carried out through observation, interviews and documentation. The research result show that CTL learning strategies for Islamic religious education teachers of class XI student at MA Nahdatul Wathan Tanjung Riau Batam City is already very good, because Islamic religious education teachers are able to liven up the class and explain the material presented well so that student can receive the lessons delivered by the teacher well while teaching in class. From the student aspect, the use the CTL strategies can be relied upon as helping students in the learning process, making it easier for students to receive lessons, increasing student enthusiasm and interaction in the teaching and learning proses

References

Al-Qur’an dan Terjemahnya, Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsiran Al- Qur’an, Jakarta: Departemen Agama RI, 2012.

A.Muri Yusuf, Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1986, Cet. Ke 2.

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013. Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.

Agus Zaenul Fitri, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2012.

Alwi, Hasan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, Jakarta: PT. Balai Pustaka, 2017.

Arsyad, Penguatan Motivasi Shalat dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 6, No. 2, Juli - Desember 2020.

Asep Supriatna, Pembelajaran Kontekstual, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.

Bashori Muchsin, dan Abdul Wahid, Pendidikan Islam Kontemporer, Bandung: Refika Aditama, 2019.

Basyiruddin Usman, Strategi Belajar Mengajar dan Media Pendidikan, Jakarta: Quatum Press, 2015.

Daryanto, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2018.

Departemen Agama RI, Pendidikan Agama Islam di Indonesia: Pedoman Umum, Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, 2010.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Landasan Negara, 2005.

Dewi Safitri, Menjadi Guru Profesional, Riau: PT Indragiri Dot Com, 2019.

Dharma Kusuma, dkk. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Doni Koesuma, Pendidik Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo. 2019. Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers, 2015

Ghony dkk, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2017. Hamzah, Strategi Pembelajaran guru Edukatif, Pasaman barat: CV. Azka Pustaka, 2022.

Hasan Baharun, Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan Dan Langkah-Langkah Pengembangan Kurikulum PAI), Yogyakarta: Cantrik Pustaka, 2017.

Heri Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep dan Implemtasi, Bandung; Alfabeta, 2012, Cet II

Lisnawati dkk, Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

M. Choirul Muzain, Strategi Contekstual Teaching and Learning pada Pembelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum, Jurnal Pendidikan Inovatif, Vol. 4 No. 3, November 2022.

M. Furqon Hidayatullah, Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas, Surakarta: Yuma Pustaka, 2014, Cetakan ke-3

Maleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Manab Abdul, Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Yogyakarta: Kaimedia, 2015.

Ngalimun, Strategi Dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.

Novan Ardy Wiyani, Pendidikan Karakter Anak : Konsep dan Implikasinya di SD dan MI, Purwokerto: STAIN Press, 2018.

Nur’aini, Strategi Pembelajaran PAI, Batam: Yayasan Insan Mandiri, 2022 Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia Group, 2012, Cet.9 Rudy Setiawan, Metodologi Penelitian Teknologi Informasi, Malang: CV. Seribu Bintang, 2018.

Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Press, 2014.

S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2017. Soimin. Aris, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2014.

Sudirman. Ahmad, Pendidikan Guru Profesiona,. Jakarta: Pustaka Mandiri, 2018. Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta. 2012.

Suprapto Wahyuniarto, Implementasi Pembiasaan Diri dan Pendidikan Karakter Sebagai Pengantar, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2012.

Suwandi, Sarwiji. Semantik Pengantar Kajian Makna, Yogyakarta: Media Perkasa, 2018.

Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Syafruddin Nurdin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, (Jakarta: Ciputat Press, 2003).

Zainal, M, Pendidikan Agama Islam Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL), Yogyakarta: Diva Press. 2016.

Zakiah Dradjat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012, Cet. 2.

Agus Safii, Strategi Guru Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SD Islam Khoiru Ummah Sawojajar Malang, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2017

Fuani Tikawati Maghfiroh, Upaya Guru Kelas Dalam Pembentukkan Karakter Disiplin Siswa Di MI Nurul Huda Belik Pemalang. Semarang: UIN Walisongo, 2016

Indah Ayu Apriza, Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Kerja Keras Pada Siswa Di Smp Negeri 2 Pendopo Barat Empat Lawan. Bengkulu: IAIN Bengkulu, 2020

Mustain, Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Pada Peserta Didik Di Sd Negeri 01 Galuhtimur Tonjong Brebes, Purwokerto: IAIN Puwokweto, 2021.

Henra Ibrahim, Implementasi Strategi Pembelajaran Contekstual Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Pinrang, Parepare: IAIN Parepare, 2018

Abu Bakar, Wawancara, Batam: Kepala Sekolah, 20 Oktober 2023. Nuráini, Wawancara, Batam: Guru Akidah Akhlak, 12 November 2023. Azan, Wawancara, Batam: Siswa Kelas XI, 12 November 2023.

Muhammad Amin, Wawancara, Batam: Siswa Kelas XI, 12 November 2023. Profil MA Nadhlatul Wathan Tanjung Riau Kota Batam, Tahun 2023

Downloads

Published

2024-06-28