Analisis PP No 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam

Authors

  • Sumianti STAI Ibnu Sina Batam
  • Nasrudin STAI Ibnu Sina Batam
  • Hatmanuddin STAI Ibnu Sina Batam
  • Syafirman STAI Ibnu Sina Batam
  • Maya Inayati Sari STAI Ibnu Sina Batam

Keywords:

Analisis, Standar Nasional, Pendidikan, Implikasi, Pendidikan Islam

Abstract

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasa I ayat (1) menjelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadain, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Standar Nasional Pendidikan 2005 diubah ada tahun 2013 dengan peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Perubahan tersebut bahwa Peraturan Pemerintah Nomor Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan perlu diselaraskan dengan dinamika perkembangan masyarakat, lokal, nasional, dan global guna mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini merupakan kajian Library Research dengan menggunakan metode pengumpulan data study kepustakaan dalam menggali serta menganalisis Analisis Pp No 32 Th 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan dan implikasinya terhadap pendidikan Islam yang meliputi sumber primer dan sekunder untuk kemudian disimpulkan. Pendekatan yang digunakan yakni historis-filosofis. Sementara teknik analisis data menggunakan metode Content Analysis dengan implikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PP No 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Pasal 1 PP No 32 tahun 2013 menjelaskan bahwa Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan diseluruh wilayah hokum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selanjutnya dalam pasal 3 disebutkan bahwa standar nasional ini berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Pendidikan Islam diakui keberadaannya dalam sistem pendidikan nasioanl, yang dibagi kepada tiga hal. Pertama, pendidikan Islam sebagai lembaga; kedua, pendidikan Islam sebagai mata pelajaran; dan ketiga, pendidikan Islam sebagai nilai. Pendidikan Islam sebagai lembaga diakuinya keberadaannya lembaga pendidikan Islam secara eksplisit. Pendidikan Islam sebagai mata pelajaran diakuinya pendidikan agama salah satu pelajaran yang wajib diberikan pada dasar sampai perguruan tinggi

References

Abdul Halim, Sumianti, N. S. A. (2024). Implementasi Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter di SDN 12 / X Pemusiran Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1737–1746. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/551

Abdul Halim, M. (2023). Perencanaan Strategis Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Qur’an Centre Kota Batam Kepulauan Riau. Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol 12(3), 203–214. https://www.mendeley.com/catalogue/be377b62-177f-3c0a-838d-80412b2dae07/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B4862361d-53cf-4323-871c-3d454c64b834%7D

Abdul Halima, Helmun Jamil, Miswanto, I. T. N. R. (2023). The Curriculum of Islamic Religious Education in the Whirlwind of Independent Education and Its Implementation on Learning. PROGRESIVA: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(1), 202–208. https://doi.org/10.37567/ijgie.v4i1.1958

Fahmi Bahrul Ulum, Halim, A., & Oktanovia, M. A. (2023). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi Islam Dan Sains Perspektif Hadis. Arriyadhah, XX(2), 79–89. http://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/view/223

Haidar Putra Daulay. (2012). Pendidikan Islam dalam Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Kencana.

Halim, A., & Amril, M. (2022). Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pusaran Problematika Kelompok Reformis/Modernis Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran. Arriyadhah, 20, 21–31. https://www.mendeley.com/catalogue/e5494572-b4f4-3d67-b455-14a1f7143f15/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B7d3895c3-5d1b-4013-bc44-2130a13ac78e%7D

Halim, A., M, A., & Miswanto. (2023). Analisis PP. No. 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Arriyadhah, XX(1), 74–87. https://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary

Jubaidah, S., Halim, A., Riduan, M., & Kadir, S. A. (2023). Konsep Universitas Islam Hamid Hasan Bilgrami & Syed Ali Asyraf Sebuah Pengembangan Pendidikan Islam. Arriyadhah, XX(2), 90–99. http://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/view/224

Mataputun, Y. (2020). Analisis pemenuhan standar nasional pendidikan dan permasalahannya. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 224. https://doi.org/10.29210/148800

Pemerintah, P., Indonesia, R., Atas, P., Rahmat, D., Yang, T., Esa, M., & Indonesia, P. R. (2013). PP RI 32 2013 tentang standar nasional pendidikan.

Pendidikan, I., & Islam, A. (2023). Sosiologi. XI(April), 25–33.

Riri Nurandriani, & Sobar Alghazal. (2022). Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 27–36. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.731

Zahroh, L. A. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Melalui Penguatan Standar Akreditasi Pendidikan Nasional. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 3(2), 253–265. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v3i2.210

Abdul Halim, Sumianti, N. S. A. (2024). Implementasi Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter di SDN 12 / X Pemusiran Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1737–1746. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/551

Abdul Halim, M. (2023). Perencanaan Strategis Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Qur’an Centre Kota Batam Kepulauan Riau. Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol 12(3), 203–214. https://www.mendeley.com/catalogue/be377b62-177f-3c0a-838d-80412b2dae07/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B4862361d-53cf-4323-871c-3d454c64b834%7D

Abdul Halima, Helmun Jamil, Miswanto, I. T. N. R. (2023). The Curriculum of Islamic Religious Education in the Whirlwind of Independent Education and Its Implementation on Learning. PROGRESIVA: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(1), 202–208. https://doi.org/10.37567/ijgie.v4i1.1958

Fahmi Bahrul Ulum, Halim, A., & Oktanovia, M. A. (2023). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi Islam Dan Sains Perspektif Hadis. Arriyadhah, XX(2), 79–89. http://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/view/223

Haidar Putra Daulay. (2012). Pendidikan Islam dalam Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Kencana.

Halim, A., & Amril, M. (2022). Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pusaran Problematika Kelompok Reformis/Modernis Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran. Arriyadhah, 20, 21–31. https://www.mendeley.com/catalogue/e5494572-b4f4-3d67-b455-14a1f7143f15/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B7d3895c3-5d1b-4013-bc44-2130a13ac78e%7D

Halim, A., M, A., & Miswanto. (2023). Analisis PP. No. 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Arriyadhah, XX(1), 74–87. https://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary

Jubaidah, S., Halim, A., Riduan, M., & Kadir, S. A. (2023). Konsep Universitas Islam Hamid Hasan Bilgrami & Syed Ali Asyraf Sebuah Pengembangan Pendidikan Islam. Arriyadhah, XX(2), 90–99. http://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/view/224

Mataputun, Y. (2020). Analisis pemenuhan standar nasional pendidikan dan permasalahannya. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 224. https://doi.org/10.29210/148800

Pemerintah, P., Indonesia, R., Atas, P., Rahmat, D., Yang, T., Esa, M., & Indonesia, P. R. (2013). PP RI 32 2013 tentang standar nasional pendidikan.

Pendidikan, I., & Islam, A. (2023). Sosiologi. XI(April), 25–33.

Riri Nurandriani, & Sobar Alghazal. (2022). Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 27–36. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.731

Zahroh, L. A. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Melalui Penguatan Standar Akreditasi Pendidikan Nasional. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 3(2), 253–265. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v3i2.210

Downloads

Published

2024-07-30