Pengembangan Evaluasi Dan Penilaian Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural/Moderasi Beragama

Authors

  • Husni Tamrin STAI Ibnu Sina Batam
  • Sumianti STAI Ibnu Sina Batam
  • Jamil STAI Ibnu Sina Batam
  • Deden Sirajudin STAI Ibnu Sina Batam

Keywords:

Pengembangan, Evaluasi, Penilaian, Pembelajaran, Multikultural

Abstract

Pendidikan multikultural merupakan pendidikan yang memberikan peluang sama pada seluruh anak bangsa tanpa membedakan perlakuan karena perbedaan-perbedaan etnik, budaya dan agama serta menghendaki penghormatan dan penghargaan manusia setinggi-tingginya terhadap harkat dan martabat manusia dari manapun latar belakang budaya, dalam konteks Indonesia yang sarat dengan kemajemukan, pendidikan ini memiliki peran sangat strategis untuk dapat mengelola kemajemukan tersebut secara kreatif. Penelitian ini merupakan kajian Library Research dengan menggunakan metode pengumpulan data study kepustakaan dalam menggali serta Pengembangan Evaluasi Dan Penilaian Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural/Moderasi Beragama yang meliputi sumber primer dan sekunder untuk kemudian disimpulkan. Pendekatan yang digunakan yakni historis-filosofis. Sementara teknik analisis data menggunakan metode Content Analysis dengan implikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural/moderasi beragama merupakan sebuah proses pengembangan yang berusaha meningkatkan sesuatu yang sejak awal atau sebelumnya sudah ada, mengembangkan seluruh potensi manusia, pendidikan yang menghargai pluralitas dan heterogenitas, serta pendidikan yang menghargai dan menjunjung tinggi keragaan budaya, etnis, suku, dan agama. Keberadaan pendidikan multikultural/moderasi beragama sebagai strategi pembelajaran atau pendidikanyang diaplikasikan pada semua jenis mata pelajaran, dengan cara menggunakan perbedaan-perbedaan kultural yang ada pada siswa. Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural dapat dilakukan dengan memberikan pemahaman terhadap keragaman umat manusia dan untuk memunculkan sikap positif dalam berinteraksi dengan kelompok-kelompok yang berbeda. Dalam proses pendidikan, materi itu disesuaikan dengan tingkatan dan jenjang pendidikan

References

Abdul Halim, Sumianti, N. S. A. (2024). Implementasi Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter di SDN 12 / X Pemusiran Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1737–1746. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/551

Abdul Halim, M. (2023). Perencanaan Strategis Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Qur’an Centre Kota Batam Kepulauan Riau. Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol 12(3), 203–214. https://www.mendeley.com/catalogue/be377b62-177f-3c0a-838d-80412b2dae07/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B4862361d-53cf-4323-871c-3d454c64b834%7D

Abdul Halima, Helmun Jamil, Miswanto, I. T. N. R. (2023). The Curriculum of Islamic Religious Education in the Whirlwind of Independent Education and Its Implementation on Learning. PROGRESIVA: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(1), 202–208. https://doi.org/10.37567/ijgie.v4i1.1958

Al-Asfahaniy, A.-A. A.-R. (2009). Mufradat Al-Fadz Al-Qur?an. Darel Qalam.

Aminuddin, W., A., & Rofiq, M. (2006). Membangun Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Graha Ilmu.

Dhoif, S. (1972). Al-Mu?jam Al-Wasith. ZIB.

Fahmi Bahrul Ulum, Halim, A., & Oktanovia, M. A. (2023). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi Islam Dan Sains Perspektif Hadis. Arriyadhah, XX(2), 79–89. http://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/view/223

Halim, A., & Amril, M, M. (2022). Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pusaran Problematika Kelompok Reformis/Modernis Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran. Arriyadhah, 19(1), 21–31. https://www.jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/view/127

Halim, A., & Amril, M. (2022). Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pusaran Problematika Kelompok Reformis/Modernis Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran. Arriyadhah, 20, 21–31. https://www.mendeley.com/catalogue/e5494572-b4f4-3d67-b455-14a1f7143f15/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B7d3895c3-5d1b-4013-bc44-2130a13ac78e%7D

Halim, A., M, A., & Miswanto. (2023). Analisis PP. No. 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Arriyadhah, XX(1), 74–87. https://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary

Harmi, H. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama. IICET; JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.29210/30031757000

Harto, K., & Tastin, T. (2019). Pengembangan pembelajaran pai berwawasan Islam wasatiyah: Upaya membangun sikap moderasi beragama peserta didik”. At-Ta’lim?: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1). https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1280

Kemdikbud. (2022). KBBI, https://kbbi.kemdikbud.go.id/moderasi, diakses pada tanggal.

Kementerian Agama RI. (2006). Al-Qur’an Tajwid Dan Terjemahnya. Almaghfirah Pustaka.

Mania, S. (2010). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran”. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1). https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a6

Misrawi, Z. (2010). Hadratussyaikh Hasyim Asy?ari Moderasi, Keutamaan, dan Kebangsaan. PT Kompas Media Nusantara.

Miswanto, Abdul Halim, Dukhroini Ali. (2024). Membangun Pendidikan Islam Berkualitas melalui Pembaharuan Kurikulum di SD Muhammadiyah Plus Kota Batam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 823–834.

Miswanto, & Halim, A. (2023). Inovasi Dalam Kurikulum Pendidikan Islam untuk Meningkatkan Karakter dan Etika Siswa. Journal on Education, 06(01), 17279–17287. https://www.mendeley.com/catalogue/c27b914f-175e-322b-bd86-d13dd9923cb4/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7Bf92f2786-a97f-4e05-9db8-22d3bf21c0af%7D

Muchlis, M. (2020). Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Berwawasan Moderat. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11053

Munadlir, A. (2016). Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 114–130.

Pala, S., Rahman, H., & Kadir, M. (2020). Konsep Pendidikan Multikultural. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 2(1), 78–87. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v2i1.370

Sadir, D. (2003). Piagam Madinah”. Jurnal Pemikiran dan Pembaharuan Hukum Islam.

Shihab, Mq. (2019). Wasathiyyah?: Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama. Lentera Hati.

Suparta, M. (n.d.). Islamic Multicultural Education: Sebuah Refleksi atas Pendidikan Agama Islam di Indonesia.

Zakiyah Darajat dkk. (2009). Ilmu Pendidikan Islam, Cet: Vol. VIII. PT. Bumi Aksara.

Abdul Halim, Sumianti, N. S. A. (2024). Implementasi Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter di SDN 12 / X Pemusiran Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1737–1746. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/551

Abdul Halim, M. (2023). Perencanaan Strategis Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Qur’an Centre Kota Batam Kepulauan Riau. Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol 12(3), 203–214. https://www.mendeley.com/catalogue/be377b62-177f-3c0a-838d-80412b2dae07/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B4862361d-53cf-4323-871c-3d454c64b834%7D

Abdul Halima, Helmun Jamil, Miswanto, I. T. N. R. (2023). The Curriculum of Islamic Religious Education in the Whirlwind of Independent Education and Its Implementation on Learning. PROGRESIVA: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(1), 202–208. https://doi.org/10.37567/ijgie.v4i1.1958

Al-Asfahaniy, A.-A. A.-R. (2009). Mufradat Al-Fadz Al-Qur?an. Darel Qalam.

Aminuddin, W., A., & Rofiq, M. (2006). Membangun Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Graha Ilmu.

Dhoif, S. (1972). Al-Mu?jam Al-Wasith. ZIB.

Fahmi Bahrul Ulum, Halim, A., & Oktanovia, M. A. (2023). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi Islam Dan Sains Perspektif Hadis. Arriyadhah, XX(2), 79–89. http://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/view/223

Halim, A., & Amril, M, M. (2022). Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pusaran Problematika Kelompok Reformis/Modernis Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran. Arriyadhah, 19(1), 21–31. https://www.jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/view/127

Halim, A., & Amril, M. (2022). Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pusaran Problematika Kelompok Reformis/Modernis Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran. Arriyadhah, 20, 21–31. https://www.mendeley.com/catalogue/e5494572-b4f4-3d67-b455-14a1f7143f15/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B7d3895c3-5d1b-4013-bc44-2130a13ac78e%7D

Halim, A., M, A., & Miswanto. (2023). Analisis PP. No. 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Arriyadhah, XX(1), 74–87. https://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary

Harmi, H. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama. IICET; JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.29210/30031757000

Harto, K., & Tastin, T. (2019). Pengembangan pembelajaran pai berwawasan Islam wasatiyah: Upaya membangun sikap moderasi beragama peserta didik”. At-Ta’lim?: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1). https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1280

Kemdikbud. (2022). KBBI, https://kbbi.kemdikbud.go.id/moderasi, diakses pada tanggal.

Kementerian Agama RI. (2006). Al-Qur’an Tajwid Dan Terjemahnya. Almaghfirah Pustaka.

Mania, S. (2010). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran”. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1). https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a6

Misrawi, Z. (2010). Hadratussyaikh Hasyim Asy?ari Moderasi, Keutamaan, dan Kebangsaan. PT Kompas Media Nusantara.

Miswanto, Abdul Halim, Dukhroini Ali. (2024). Membangun Pendidikan Islam Berkualitas melalui Pembaharuan Kurikulum di SD Muhammadiyah Plus Kota Batam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 823–834.

Miswanto, & Halim, A. (2023). Inovasi Dalam Kurikulum Pendidikan Islam untuk Meningkatkan Karakter dan Etika Siswa. Journal on Education, 06(01), 17279–17287. https://www.mendeley.com/catalogue/c27b914f-175e-322b-bd86-d13dd9923cb4/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7Bf92f2786-a97f-4e05-9db8-22d3bf21c0af%7D

Muchlis, M. (2020). Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Berwawasan Moderat. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11053

Munadlir, A. (2016). Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 114–130.

Pala, S., Rahman, H., & Kadir, M. (2020). Konsep Pendidikan Multikultural. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 2(1), 78–87. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v2i1.370

Sadir, D. (2003). Piagam Madinah”. Jurnal Pemikiran dan Pembaharuan Hukum Islam.

Shihab, Mq. (2019). Wasathiyyah?: Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama. Lentera Hati.

Suparta, M. (n.d.). Islamic Multicultural Education: Sebuah Refleksi atas Pendidikan Agama Islam di Indonesia.

Zakiyah Darajat dkk. (2009). Ilmu Pendidikan Islam, Cet: Vol. VIII. PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-07-30