Inovasi Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Keywords:
Inovasi, Metode, Pembelajaran, Teknologi, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini menginvestigasi pengaruh metode pembelajaran inovatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Studi ini mengeksplorasi implementasi berbagai pendekatan kreatif dan interaktif, melibatkan integrasi teknologi, proyek kolaboratif, dan relevansi dunia nyata dalam proses pembelajaran. Titik fokus utama mencakup akomodasi gaya belajar yang beragam, pembangunan otonomi, dan pemanfaatan teknologi canggih seperti multimedia dan platform daring. Penelitian bertujuan memberikan wawasan tentang bagaimana inovatif metode ini berkontribusi pada lingkungan pembelajaran yang merangsang, dengan akhirnya meningkatkan motivasi intrinsik siswa. Melalui penelitian empiris dan analisis, studi ini bertujuan mengungkap keterkaitan rumit antara inovasi pembelajaran dan peningkatan motivasi siswa, memberikan implikasi berharga bagi pendidik dan lembaga pendidikan
References
Abdul Halima, Helmun Jamil, Miswanto, I. T. N. R. (2023). The Curriculum of Islamic Religious Education in the Whirlwind of Independent Education and Its Implementation on Learning. PROGRESIVA: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(1), 202–208. https://doi.org/10.37567/ijgie.v4i1.1958
Barrows, H. S., & Tamblyn, R. M. (1980). Problem-Based Learning: An Approach to Medical Education. USA: Springer.
Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip your classroom: Reach every student in every class every day. International Society for Technology in Education.
Brown, P. C., Roediger III, H. L., & McDaniel, M. A. (2014). Make It Stick: The Science of Successful Learning. Garden Street Cambridge, USA: Belknap Press of Harvard University Press.
Bruner, J. S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Bruner, J. S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Psychological Inquiry, 1(4), 371-372.
Dewey, J. (1916). Democracy and Education. New York, NY: The Macmillan Company.
Dougiamas, M., & Taylor, P. (2003). “Moodle: Using Learning Communities to Create an Open Source Course Management System”. Paper presented at the EDMEDIA 2003: World Conference on Educational Multimedia, Hypermedia & Telecommunications.
Fahmi Bahrul Ulum, Halim, A., & Oktanovia, M. A. (2023). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi Islam Dan Sains Perspektif Hadis. Arriyadhah, XX(2), 79–89. http://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/view/223
Halim, A., & Amril, M. (2022). Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pusaran Problematika Kelompok Reformis/Modernis Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran. Arriyadhah, 20, 21–31. https://www.mendeley.com/catalogue/e5494572-b4f4-3d67-b455-14a1f7143f15/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B7d3895c3-5d1b-4013-bc44-2130a13ac78e%7D
Hattie, J. (2012). Visible Learning for Teachers: Maximizing Impact on Learning. Park Square, Milton Park Abingdon, Oxon OX14 4RN United Kingdom: Routledge Taylor & Francis Group.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An Educational Psychology Success Story: Social Interdependence Theory and Cooperative Learning. Educational Researcher, 38(5), 365–379.
Kilpatrick, W. H. (1918). The Project Method. New York, NY: Teachers College Press.
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. London, Inggris: Prentice Hall.
Kompri. (2016) Motivasi Pembelajaran, Bandung; Remaja Rosdakarya.
Mayer, R. E. (2001). Multimedia Learning. New York, NY: Cambridge University Press.
McGonigal, J. (2011). Reality is Broken: Why Games Make Us Better and How They Can Change the World. New York, NY: Penguin Press.
Miswanto, & Halim, A. (2023). Inovasi Dalam Kurikulum Pendidikan Islam untuk Meningkatkan Karakter dan Etika Siswa. Journal on Education, 06(01), 17279–17287. https://www.mendeley.com/catalogue/c27b914f-175e-322b-bd86-d13dd9923cb4/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7Bf92f2786-a97f-4e05-9db8-22d3bf21c0af%7D.
Miswanto, Abdul Halim, Dukhroini Ali. (2024). Membangun Pendidikan Islam Berkualitas melalui Pembaharuan Kurikulum di SD Muhammadiyah Plus Kota Batam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 823–834.
Ormrod, J. E. (2021). Educational Psychology: Developing Learners (Edisi ke-9). Pearson: Boston, MA.
Reeve, J. (2018). Understanding Motivation and Emotion (Edisi ke-7). Wiley: Hoboken, NJ.
Robinson, K. (2009). The Element: How Finding Your Passion Changes Everything. New York City, Amerika Serikat: Viking.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2017). Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. New York, NY: The Guilford Press.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (Eds.). (2002). Handbook of Self-Determination Research. Rochester, NY: University of Rochester Press.
Schunk, D. H. (2020). Learning Theories: An Educational Perspective. (Edisi ke-8). Pearson Education: Boston, MA.
Slavin, R. E. (2020). Educational Psychology: Theory and Practice. (Edisi ke-14). Pearson: Boston, MA.
Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, B. (2002). Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Woolfolk, A. (2019). Educational Psychology (Edisi ke-13). Pearson Education: Boston, MA.