Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam
Keywords:
Landasan, Pengembangan, Kurikulum, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini merupakan kajian Library Research dengan menggunakan metode pengumpulan data study kepustakaan dalam menggali serta Pengembangan Evaluasi Dan Penilaian Pembelajaran PAI Berbasis Multikultural/Moderasi Beragama yang meliputi sumber primer dan sekunder untuk kemudian disimpulkan. Pendekatan yang digunakan yakni historis-filosofis. Sementara teknik analisis data menggunakan metode Content Analysis dengan implikasi. Kurikulum ialah suatu program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan, dan dirancangkan secara sistematik atas dasar-dasar norma yang berlaku. Kurikulum juga merupakan inti dari proses pendidikan sebab diantara bidang-bidang pendidikan yaitu manajemen pendidikan, kurikulum, pembelajaran dan bimbingan siswa. Kurikulum merupakan perangkat yang harus ada dalam suatu lembaga pendidikan. Kurikulum memegang peranan yang cukup strategis dalam mencapai tujuan pendidikan baik pendidikan umum maupun agama. Tujuan dari diterapkannya kurikulum ialah merupakan tujuan yang akan dicapai oleh suatu program pendidikan, dan suatu pembelajaran yang tersusun berdasarkan tujuan sebuah institusi. Perumusan dari tujuan kurikulum itu sendiri berpijak pada sebuah kategori tujuan pendidikan yang dikaitkan dengan tujuan bidang studi yang bersangkutan. Lembaga pendidikan khususnya telah membentuk kebijakan yang diimplementasikan dalam bentuk program pelatihan bagi para guru dalam mengelola pembelajaran. dengan demikian eksistensi guru terhadap pengembangan kurikulum di sekolah sangat memiliki peran central dalam suatu kurikulum
References
Abdah, M. G. (2019). Ragam pendekatan dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama islam, Fondatia. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1).
Abdul Halim, Helmun Jamil, Miswanto, I. T. N. R. (2023). The Curriculum of Islamic Religious Education in the Whirlwind of Independent Education and Its Implementation on Learning. PROGRESIVA: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(2), 261–274. https://doi.org/10.37567/ijgie.v4i1.1958
Abdul Halim, Sumianti, N. S. A. (2024). Implementasi Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter di SDN 12 / X Pemusiran Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1737–1746. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/551
Abdul Halim. (2022). Konsep Spiritual Quotient Dalam Tafsir Fî Zhilâlil Qur’ân Karya Sayyid Quthb dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. https://www.mendeley.com/catalogue/f527abc0-0c79-322e-a1df-9fcba7a11748/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B0dd49e47-0359-4449-b178-93fd3934080e%7D
Abdul Halim, M. (2023). Perencanaan Strategis Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Qur’an Centre Kota Batam Kepulauan Riau. Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol 12(3), 203–214. https://www.mendeley.com/catalogue/be377b62-177f-3c0a-838d-80412b2dae07/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B4862361d-53cf-4323-871c-3d454c64b834%7D
Abdul Halima, Helmun Jamil, Miswanto, I. T. N. R. (2023). The Curriculum of Islamic Religious Education in the Whirlwind of Independent Education and Its Implementation on Learning. PROGRESIVA: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(1), 202–208. https://doi.org/10.37567/ijgie.v4i1.1958
Abdul Wafi, konsep dasar kurikulum pendidikan islam. (2017). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2).
Abdullah, F., & Hamdan Adib, M. M. (2021). Pengembangan kurikulum PAI berbasis integrative inklusif. Islamic Education Journal, 3(2), 175.
Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. In Edukatif (Vol. 4, Issue 4, pp. 5685–5699). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280
Akrim, A., Setiawan, H. R., Selamat, S., & Ginting, N. (2022). Transformation of Islamic education curriculum development policy in the national education system. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(7), 2538–2552. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i7.7685
Andiyanto, D. T., & Dini. (2021). Peran Pendidik Agama Islam Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Usia. Journal Of Islamic Golden Age Education, 1(2), 23–24.
Asmariani. (2020). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Dalam Perspektif Islam | Al-Afkar. Jurnal Keislaman & Peradaban, 15.
Bachin, A., Manik, L. A., Cahaya, R., & Islam. (2022). Paradigma Baru Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).
Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya, jurnal ilmiah islam future (Vol. 4, Issue 1).
Dhomiri, A., & Junedi, much nuhsikin. (2023). Konsep dasar dan peranan serta fungsi kurikulum dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 126.
Fahmi Bahrul Ulum, Halim, A., & Oktanovia, M. A. (2023). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi Islam Dan Sains Perspektif Hadis. Arriyadhah, XX(2), 79–89. http://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/view/223
Halim, A., & Alpi, M. A. (2023). Peninggalan Kesultanan Islam Di Tanah Melayu Sebuah Pembaruan Pendidikan Islam Dan Tamadun Melayu. Arriyadhah, XX(2), 49–55. http://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/view/208
Halim, A., & Amril, M. (2022). Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pusaran Problematika Kelompok Reformis/Modernis Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran. Arriyadhah, 20, 21–31. https://www.mendeley.com/catalogue/e5494572-b4f4-3d67-b455-14a1f7143f15/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B7d3895c3-5d1b-4013-bc44-2130a13ac78e%7D
Halim, A., M, A., & Miswanto. (2023). Analisis PP. No. 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Arriyadhah, XX(1), 74–87. https://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary
Halim, A., & Merni, A. (2024). Tinjauan Analisis Metode Diskusi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 010 Bengkong Batam. Arriyadhah, XXI(I), 88–102.
Hamim, A. H., & Muhidin, U. R. (2022). Pengertian, landasan, tujuan, dan kedudukan pai dalam system pendidikan nasional. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2).
Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720
Husein, S., Nik Abdullah, N. M. S. A., & Al-Hidabi, D. A. Y. (2022). Enhancing the Development of Students’ Islamic Identity in Islamic Higher Education. Progresiva?: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 11(02), 87–103. https://doi.org/10.22219/progresiva.v11i02.23094
Irawan, Hary Priatna, Neng Gustini, H. M. (2023). Facing Global Challenges and A New Post Pandemi Era in Indonesia?: Curriculum Changes And Innovations in The 1 Introduction Globalization has caused Indonesia ’ s national education goals to become commodities. Revista De Geastao Social E Ambiental, 17(16), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.24857/rgsa.v17n7-025
irsad, M. (2016). Pengembangan kurikulum pendidikan agama islam di madrasah. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 248.
Janah, F., Asror, F. M., & Purnomo, E. (2022). Kurikulum pendidikan islam: hakikat dan komponen pengembangannya, Kuttab. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 02(02), 257.
jaya, N. (2023). Fungsi pendidikan islam dalam hubungannya dengan kurikulum, Jurnal ilmiah mahasiswa pendidikan sejarah (Vol. 8, Issue 4).
Jubaidah, S., Halim, A., Riduan, M., & Kadir, S. A. (2023). Konsep Universitas Islam Hamid Hasan Bilgrami & Syed Ali Asyraf Sebuah Pengembangan Pendidikan Islam. Arriyadhah, XX(2), 90–99. http://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/ary/article/view/224
Kamaludin, M. (2021). Malang City Urban Community’s Perception towards Religion and Islamic Education. Progresiva?: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 10(2), 87–98. https://doi.org/10.22219/progresiva.v10i2.18164
Khalili, S. (2022). Characteristics of human agency in liberal and Islamic religious education based on the national core curricula of Finland and Iran. British Journal of Religious Education, 44(1), 53–65. https://doi.org/10.1080/01416200.2021.1874874
Kolb, J. (2023). Muslim diversity, religious formation and Islamic religious education. Everyday practical insights into Muslim parents’ concepts of religious education in Austria. British Journal of Religious Education, 45(2), 172–185. https://doi.org/10.1080/01416200.2021.1911787
Luluk Ifadah, S. T. U. (2020). Inovasi Kurikulum Dalam Dimensi Tahapan Pengembagan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Journal of Research and Thought of Islamic Education, 3(1).
Ma’arif, M. A. (2018). Paradigma Baru Pengembagan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pedagodik, 05(10).
Mansur, R. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).
Marvianasari, R., Fitri, A. Z., & Aziz, A. (2024). Landasan dan Paradigma Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI). Pendekar: Jurnal …, 2(2). https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/Pendekar/article/view/659
Miswanto, Abdul Halim, Dukhroini Ali. (2024). Membangun Pendidikan Islam Berkualitas melalui Pembaharuan Kurikulum di SD Muhammadiyah Plus Kota Batam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 823–834.
Miswanto, & Halim, A. (2023). Inovasi Dalam Kurikulum Pendidikan Islam untuk Meningkatkan Karakter dan Etika Siswa. Journal on Education, 06(01), 17279–17287. https://www.mendeley.com/catalogue/c27b914f-175e-322b-bd86-d13dd9923cb4/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7Bf92f2786-a97f-4e05-9db8-22d3bf21c0af%7D
Mubarok, A. A., & dkk. (2021). Landasan pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2).
Muhammad Arbain, B. T. (2020). Inklusifitas Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren. Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 3(2).
Posangi, S. S., Islam, L. K. P., & Al-Minhaj. (2020). No Title. Jurnal Pendidikan Islam, 04(1).
Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. Palapa, 8(1), 42–55. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692
Ramedlon, W. (2022). Konsep dan kedudukan kurikulum pendidikan agama islam di sekolah madrasah dalam UU Sindiknas 2003. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 3(1).
Ridwanulloh, M. U., Huda, S., & Umam, R. (2022). Innovative Leadership Management: The Pattern of School Quality Development at SMP Muhammadiyah 2 Inovasi Malang. Progresiva?: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 11(01), 25–42. https://doi.org/10.22219/progresiva.v11i01.20742
Salsabila, U. H. (2018). Teori ekologi sebagai sebuah pendekatan dalam pengembangan kurikulum pendidikan islam. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 7(1), 149.
Shofiah. (2018). Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2).
Sveshnikova, S. A., Skornyakova, E. R., Troitskaya, M. A., & Rogova, I. S. (2022). Development of Engineering Students’ Motivation and Independent Learning Skills. European Journal of Contemporary Education, 11(2), 555–569. https://doi.org/10.13187/ejced.2022.2.555
Tasman Hamami, S. K. Q. (2021). Implementasi asas-asas pengembangan kurikulum terhadap pengembangan kurikulum pendidikan agama islam. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4).
Th. (2016). Asep Subhi, Konsep dasar komponen filosofis kurikulum pai. Jurnal Qathruna, 3(1), 120.
Ulum, M. (2020). Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum: relevansi dan kontinuitas, Attanwir. Jurnal Kajian Keislaman Dan Pendidikan, 12(1).
Wakhidah, N., & Erman, E. (2022). Examining environmental education content on Indonesian Islamic religious curriculum and its implementation in life. Cogent Education, 9(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2034244
Yaqin, H., Hartati, Z., Salabi, A., Bahri, S., & Mizani, H. (2021). Influence of Image-building, Financial Stability and Curriculum development on Education Management with Moderating effect of Educational Leadership: An Islamic Perspective. Eurasian Journal of Educational Research, 2021(94), 422–443. https://doi.org/10.14689/ejer.2021.94.19