Pembaruan Pendidikan Islam Worldview: Tinjauan Historis, Filosofis Dan Sosiologis Muhammad Abduh
Keywords:
Pembaruan, Pendidikan Islam, Worldview, Tinjauan, Historis, Filosofis, SosiologisAbstract
Pemikiran tentang pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai agama dengan ilmu pengetahuan modern merupakan pijakan fundamental dalam upaya mengaktifkan kembali ingatan sejarah keemasan peradaban Islam yang tidak mengenal istilah dikotomi ilmu dan agama. Muhammad Abduh adalah salah satu tokoh yang memberikan kontribusi besar dalam pemikiran pendidikan Islam modern. Jenis penelitian ini merupakan Library Research dengan studi kepustakaan melalui penelusuran media online seperti; sinta.kemdikbud.go.id, Scopus.com, Google Scholar, DOAJ (Directory of Open Access Journal), Garuda, Mendeley.com, Emerald Insight, ScienceDirect, Open Knowledge Maps, Connected Papers, Vos Viewer dan berbagai media lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis konten, dan penelitian ini menggunakan pendekatan historis-filosofis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan revolusioner Muhammad Abduh terhadap pendidikan Islam berhasil memodernisasi dan memperkaya sistem pendidikan Islam. Abduh menekankan integrasi antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum untuk menciptakan model pendidikan yang holistik dan relevan dengan kebutuhan zaman. Kontribusi pemikiran Abduh terhadap pendidikan Islam modern mencakup berbagai aspek, mulai dari reformasi kurikulum, peningkatan kualitas staf pengajar, hingga penerapan metode pengajaran yang modern dan ilmiah. Abduh memandang bahwa pendidikan Islam tidak hanya mengajarkan doktrin agama, tetapi juga mengikutsertakan nilai-nilai kemanusiaan, saintifik, budaya, keadilan, kesetaraan, dan perdamaian
References
Amir, A. N. (2022). The Influence of Muhammad Abduh in The Nusantara: From Qur’anic Exegesis to Islamic Reform Movement. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 18(2). https://doi.org/10.18196/afkaruna.v18i2.10282
Andik Wahyun Muqoyyidin. (2013). Pembaruan Pendidikan Islam Menurut Muhammad Abduh. Jurnal Pendidikan Islam, XXVIII(2), 86.
Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi: Sebuah Tantangan dan Harapan. Akademika, 20(1).
Dalimunthe, S. S. (2022). Upaya Membangun Konsep Filsafat Pendidikan Muhammad Abduh. Deepublish.
Daulay, M. (2013). Inovasi Pendidikan Islam Muhammad Abduh. Jurnal Darul ’Ilmi, 01(02), 77–101.
Gojali, M. I., Fauzi, I., & Umam, K. (2024). Modernism In Islamic Education In Tafsir Al -Man?r?: An Epistemological Review Of Muhammad Abduh And Muhammad Rashid Ridha. 21(1), 91–105. https://doi.org/doi.org/10.30957/lingua.v21i1.921
Halim, A., & Amril, M. (2022). Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pusaran Problematika Kelompok Reformis/Modernis Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran. Arriyadhah, 20, 21–31. https://www.mendeley.com/catalogue/e5494572-b4f4-3d67-b455-14a1f7143f15/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B7d3895c3-5d1b-4013-bc44-2130a13ac78e%7D
Ikhsanudin, I., Setiadi, N. W., & Nursikin, N. M. (2022). Inovasi Dan Literasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi. In Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan (Vol. 2, Issue 1, pp. 1–10). https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i1.416
Jaelani, J. (2023). Modernitas Kehidupan Beragama Dalam Perkembangan Pendidikan Islam. Civilization Research: Journal of Islamic Studies, 2(2), 168–187. https://doi.org/10.61630/crjis.v2i2.1
Khasanah,Nur. Hamzani, A. Havis, A. (2016). Taqlid dan Talfiq Dalam Konsepsi Hukum Islam (Taqlid and Talfiq in the Conception of Islamic Law). Journal Of Islamic Law, 3(2), 168.
Musa’ad, I., & Craag, K. (1966). The Theology of Unity. Books for Libraries.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Syahrani (Ed.), Antasari Press. Antasari Press.